Penyebab penyakit Arthritis dan Gejalanya | Pengobatan Arthritis

Penyebab penyakit Arthritis dan Gejalanya | Pengobatan Arthritis

Penyebab penyakit Arthritis dan Gejalanya | Pengobatan Arthritis

Untuk Konsultasi Langsung


Penyebab penyakit Arthritis dan Gejalanya | Pengobatan Arthritis – Seiring bertambahnya usia tulang rawan akan cenderung mengalami kerusakan dan cairan dalam sendi akan mengalami penurunan yg dikenal sebagai OsteoArthritis. Selain karena usia beberapa faktor resiko juga sangat mempengaruhi seseorang terkena penyakit ini. Mari kita kenali lebih jauh mengenai Penyakit ini

Apa itu Asam Urat ?

Asam urat adalah salah satu jenis artritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di sendi. Asam urat merupakan produk pemecahan dari purin yang merupakan bagian dari makanan yang kita makan. Kelainan dalam penanganan asam urat dan kristalisasi senyawa ini pada sendi dapat menyebabkan serangan artritis yang menyakitkan, batu ginjal, dan penyumbatan tubulus penyaringan ginjal dengan kristal asam urat, yang menyebabkan gagal ginjal. Asam urat memiliki perbedaan unik sebagai salah satu penyakit medis yang paling sering tercatat sepanjang sejarah. Penyakit ini menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendia. Meski semuda sendi ditubuh bisa terkena Asam Urat , namun yang paling sering terjadi adalah di jari kaki, lutut, pergelangan kaki dan sendi jari tangan.

Pria lebih berpotensi terserang Asam Urat daripada Wanita terutama pada usia diatas 30 tahun. Penyakit Asam Urat / Gout berbeda dengan Rematik, Rematik adalah istilah untuk penyakit radang sendi sedang Asam Urat atau Gout adalah salah satu penyebab nyeri pada persendian.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyebab penyakit Asam urat adalah tusukan kristal kristal tajam disekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Asam Urat akan sangat rawan pada orang yang suka mengkonsumsi seperti jeroan, hidangan laut daging merah dan juga yang sering mengkonsumsi Alkohol. Selain ini penyakit ini juga rawan dialami oleh penderita obesitas, diabetes, hipertensi, dan juga penyakit ginjal kronis. Penyakit ini juga berpotensi diturunkan oleh orang tuayang mengidap penyakit ini alis bersifat genetik juga.

Gejala Gout atau Asam Urat

Serangan Gout akut ditandai dengan serangan nyeri yang cepat pada sendi yang terkena asam urat diikuti oleh rasa hangat, pembengkakan, dan perubahan warna kemerahan. Sendi kecil di dasar jempol kaki adalah tempat yang paling sering mengalami nyeri. Sendi lain yang bisa terkena meliputi pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. Pada beberapa orang, rasa sakit akut begitu hebat sehingga bahkan seprei yang menyentuh jari kaki menyebabkan rasa sakit yang parah. Serangan yang menyakitkan ini biasanya mereda berjam-jam hingga berhari-hari, dengan atau tanpa pengobatan. Dalam kasus yang jarang terjadi, serangan bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Kebanyakan orang dengan asam urat akan mengalami serangan berulang selama bertahun-tahun. Serangn penyakit asam urat atau gout seringkali berlangsung dalam jangka 3 – 10 hari . Saat gejala mereda dan mengempis, dan kulit disekitar akan nampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal. Pengobatan harus terus dilakukan karena meredanya sakit ini bisa saja ,mengakibatkan radang yang jauh lebih parah, bahkan bisa menyebar ke sendi-sendi yang lainnya.

Baca Selengkapnya  obat sendi nyeri | Gejala Rematik

Pengobatan Asam Urat

Untuk pengobatan medis umumnya sering diresepkan Obat Antiinflamasi Nonsteroid (OAINS) yang berguna untuk meredakan peradangan dan nyeri. Efek samping penggunaan obat ini meliputi Sakit maag dan gangguan pencernaan. Obat ini biasanya harus terus digunakan selama serangan penyakit asam urat belum reda, hingga dua hari setelah serangan reda untuk mencegah kambuh. Apabila OAINS ini tidak bisa meredakan maka dokter akan meresepkan kortikosteroid, apabila digunakan dalam dosis rendak akan bisa minimal efek samping dan jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan beresiko menimbulkan efek samping, seperti otot terasa lemas, kulit mudah memar, penipisan tulang dan kenaikan berat badan. Sebagai upaya pencegahan lebih baik hindari mengkonsumsi makanan yang dapat memacu Asam Urat karena banyak mengandung purin seperti jeroan, makanan laut, daging merah, makanan yang mengandung ragi, dan ikan yang banyak mengandung minyak ( sarden, makarel,

Menurut sebuah penelitian Mengkonsumsi Vitamin C dapat mencegah penyakit Asam Urat dengan cara meningkatkan kinerja Ginjal dalam membuang asam urat yang ada didalam tubuh kita, dosis yang dianjurkan tidak lebih dari 500 mg per hari.

Komplikasi Asam Urat

Ada beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan karena penyakit Asam Urat yang telat diobati seperti m:

Penyakit Batu Ginjal

Alaminya Asam urat akan dikeluarkan melalui Air Seni namun kadang kala menciptakan endapan-endapan kecil yang kian lama kian besar dan menimbulkan batu ginjal. Penderita penyakit batu ginjal akan sering merasa seolah ingin buang air kecil terus dan mersakan sakit saat buang air kecil karenaterganggunya aliran urine. Jika tidak segera diobati akan menyebabkan infeksi di sistem kemih.

Munculnya benjolan – benjolan Tofi

Tofi merupakan gumpalan kecil berwarna putih atau kuning di balik kulit yang terbentuk dari akumulasi kristal-kristal asam urat. Benjolan tofi biasanya muncul pada lutut, siku, jari kaki dan jari tangan, lengan, tumit, atau bahkan telinga.

Baca Selengkapnya  Pengobatan Nyeri Sendi atau Arthritis secara Medis | Obat Herbal Radang Sendi atau Arthritis

Biasanya tofi muncul pada penderita penyakit asam urat parah atau yang sudah lama tidak ditangani. Namun ada juga tofi yang muncul pada orang yang bahkan belum pernah mengalami serangan penyakit asam urat. Meski sering kali tidak menimbulkan rasa sakit, rutinitas sehari-hari (misalnya berpakaian atau makan) bisa terganggu jika tofi tumbuh di jari tangan.

Kerusakan pada Sendi

Benjolan- benjolan tofi yang tidak kunjung ditangani akan dapat menyebabkan kerusakan sendi sehingga mengharuskan dilakukan Operasi untuk memperbaiki atau mengganti sendi yang telah rusak

Masalah Psikologi

Perubahan suasana hati dan stres bisa saja dialami oleh penderita penyakit asam urat . Bukan hanya karena nyeri luar biasa yang dirasakan, tapi juga efek dari kondisi ini yang membuat rutinitas sehari-hari menjadi terganggu. Jika diabaikan, maka tidak mustahil bisa mengarah kepada depresi. Maka dari itu, sebelum muncul masalah psikologis yang lebih serius, segera temui dokter jika Anda adalah penderita penyakit asam urat dan Anda merasa stres dengan kondisi yang dialami.

Pengobatan Tradisional Asam Urat

Mahkota Dewa (Phaleria Macrocarpa )

Ekstrak daging buahnya berkhasiat sebagai antihistamin, antialergi, bersifat sitotoksik terhadap sel kanker rahim, bersifat hapatoprotektif. Juga menurunkan kadar gula darah, antioksidan, menurunkan kadar asam urat. Alkaloid, senyawa organic berfungsi sebagai detoksifikasi, menetralisir racun-racun di dalam tubuh. Saponin merupakan fitonutrien, sering disebut “deterjen alam”. Senyawa ini bersifat antibakteri dan antivirus. Juga meningkatkan system kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan, mengurangi kadar gula darah, mengurangi penggumpalan darah.

Flavonoid berindikasi antiperadangan dan mencegah pertumbuhan kanker. Polifenol berfungsi sebagai antihistamin. Zat lain adalah tannin, sterol, terpen. Untuk pengobatan asam urat Mahkota Dewa direbut dengan air dengan perbandingan 5 Gram Mahkota Dewa direbus dengan 5 gelas air dan rebus sampai air tinggal setengahnya.

Baca Selengkapnya  Obat Nyeri di bagian sendi | Gejala radang sendi
Jahe ( Zingiber Officinale )

Berkhasiat untuk mengurangi nyeri sendi dan mengurangi peradangan pada orang dengan osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA). Meningkatkan sirkulasi pada orang dengan fenomena Raynaud. Digunakan dalam pengobatan Asia selama berabad-abad, jahe telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang mirip dengan penghambat ibuprofen dan COX-2 seperti celecoxib (Celebrex). Jahe juga menekan leukotrien (molekul peradangan) dan mematikan gen inflamasi tertentu, yang berpotensi membuatnya lebih efektif daripada penghilang rasa sakit konvensional. Jahe juga mengurangi mual dan muntah dan merupakan pengobatan yang terbukti untuk mabuk perjalanan dan kemoterapi yang disebabkan mual.

Lengkuas

Pada Lengkuas terkandung minyak atsiri dengan komposisi zat galangol, galangin, alpinen kamfer, methyl-cinnamate. Zat inilah yang bisa melawan jamur, membunuh bakteri, menghangatkan, menambah nafsu makan, membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, mengencerkan dahak, dan mempermudah pengheluaran angin. Lengkuas juga mengandung zat antiinflamasi yang dapat meringankan penyakit radang sendi dan mengurangi penyakit peradangan pada luka luar.

Daun Sirsak

Kandungan yanga da dalam Daun Sirsak terdapat Vitamin C dan Vitamin A dengan kandungan yang cukup tinggi, sehingga dapat mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh dan daun ini juga dapat meredakan nyeri sendi yang diakibatkan asam urat.

 

Kumis Kucing

Pada Kumis Kucing terdapat senyawa Osthosiponin Glikosida, senyawa yang bisa membuang asam urat yang berlebih didalam tubuh

Untuk mendapatkan khasiat dari tanaman diatas kini sudah lebih mudah tanpa harus mencarinya satu persatu bahkan mencarinya sangatlah susah untuk orang-orang yang tinggal didaerah perkotaan. Kami dari CV. Denature Indonesia berkomitmen untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh manfaat dari tanaman diatas, Kami telah mengekstrak dan mengemas sehingga akan sangat mudah dalam mengkonsumsinya.

Proses produksi telah memenuhi standar BPOM, sertifikat halal MUI, dan izin produksi juga telah kita peroleh dari DINKES.

Demikian ulasan seputar masalah penyakit asam urat dan cara pengobatan alami untuk penyakit asam urat. Semoga bermanfaat untuk anda !!! Salam Sehat